PENYUSUNAN RENCANA PENILAIAN
Dalam melakukan suatu kegiatan, perlunya suatu perencanaan agar suatu kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Begitu pun dalam kegiatan penilaian pembelajaran yang menyangkut hasil belajar dari peserta didik, perlunya perencanaan sebelum melakukan suatu penilaian dari hasil belajarnya agar ujuab pembelajaran dapat berjalan dan tercapai sesuai yang diharapkan. Yaitu untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dari materi yang telah diajarkan kepada mereka ataupun untuk mengukur tingkat keberhasilanpeserta didik itu sendiri. Karena kalau tidak adanya suatu perencanaan penilaian dapat, maka guru akan kesulitan dalam melakukan penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan tersebut
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan tes, yaitu :
Merumuskan tujuan dilakukannya penilaian, termasuk merumuskan tujuan terpenting
Menetapkan aspek-aspek yang akan dinilai, apakah aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik
Memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan
Menyusun instrumen yang akan digunakan untuk menilai proses dan hasil belajar para peserta didik
Menentukan metode penskoran jawaban peserta didik
Menentukan frekuensi dan durasi kgiatan penilaian
Adapun hal-hal penting yang ada dalam penyusunan tes adalah :
Ø pemilihan sampel materi yang akan diajukan
Ø jenis tes yang akan digunakan
Ø jenjang kemamuan berpikir yang ingi diuji
Ø ragam tes yang digunakan
Ø Sebaran tingkat kesukaran butir soal
Ø waktu yang disediakan untuk pelaksanaan ujian
Ø penentuan jumlah soal yang tepat
Dalam menyusun prosedur penilaian pembelajaran (penilaian tes) memerlukan lengkah-langkah. Adapun langkah pertama adalah menentukan indikator, kemudian yang kedua adalah penyusunan kisi-kisi. Kisi-kisi penilaian merupakan penilaian yang tidak terpisahkan dari kegiatan perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus maupun RPP. Jadi, kisi-kisi merupakan suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes.
Fungsi kisi-kisi, yaitu :
Pedoman dalam penulisan soal
pedoman dalam merakit soal menjadi suatu tes
Adapun contoh format kisi-kisi penilaian tes, yaitu :
Dari mata pelajaran IPS Kelas IV SD, semester II
- Rangkuman materi
BAB I AKTIVITAS EKONOMI
BAB II KOPERASI
BAB III PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI
BAB IV PERMASALAHAN SOSIAL
BAB I AKTIVITAS EKONOMI
Sumber daya alam mampu menyediakan bahan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam ada yanh langsung digunakan adan ada yang harus diproses terlebih dahulu. Pengelolaan sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu : bidang pertanian dan bidang nonpertanian atau bukab pertanian.
Indonesia dikenal senagai negara agraris, artinya sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian di bidang pertanian.
1. Bidang pertanian dibagi menjadi empat, yaitu :
Kegiatan bercocok tanam yang meliputi : ladang, sawah, perkebunan
Kehutanan
Perikanan
Peternakan
Dalam pengelolaan bidang nonpertanian, yaitu meliputi:
* Pertambangan
* Industri
* Perdagangan
* Jasa atau Pelayanan
BAB II KOPERASI
A. Sejarah Koperasi Indonesia
Koperasi pertama kali digagas oleh Robert Owen yang hidup pada tahun 1771-1858. Dia menerapkan koperasi pada usaha permintalan kapal di Skotlandia.
Adapun koperasi di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwekerto, jawa tengah pada tahun 1896. setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947 pergerakan kopeasi Indonesia mengadakan Kongres koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Pelopornya adalaj Drs. Mohammad Hatta. Oleh karena itu, Drs. Mohammad Hatta disebut Bapak Koperasi Indonesia,dan tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. ada tiga macam, yaitu :
B. Seluk beluk Koperasi
1. Landasan Koperasi
- landasan idiil adalah pancasila
- landasan konstitusional adalah UUD 1945
- landasan mental
- landasan operasional
2. Lambang Koperasi
- lambang koperasi terdiri dari rantai, roda gigi, padi
dan kapas, timbangan, bintang dalam perisai, tulisan
Koperasi Indonesia , dan lambang dasar putih.
3. Modal Koperasi
Modal koperasi berasal dari simpanan uang para
anggota. Ada tiga simpanan anggota yaitu :
a. simpanan pokok
b. simpanan wajib
c. simpanan sukarela
4. Keanggotaan Koperasi Beserta Hak dan Kewajibannya
Anggota koperasi adalah orang atau badan yang ingin bergabung menjadi anggota secara sukarela, tanpa paksaan. Adapun kewajiban anggota koperasi adalah melunasi simpanan pokok dan wajib. Dan hak anggota koperasi adalah hak untuk meminjam uang.
5. Perangkat Organisasi Koperasi
perangkat organisasi ada tiga, yaitu :
a. rapat anggota
b. pengurus
c. pengawas
6. Kegiatan koperasi
a. manjual barang untuk anggota
b. membeli barang dari anggota
c. menyimpan barang simpanan anggota, dan sebagainya.
7. Tujuan dan Manfaat Koperasi
a. menyediakan kebutuhan anggota
b. memudahkan anggota untuk memperolah modal
usaha
c. membantu mengembangkan usaha para anggota
d. menghindarkan anggota dari lintah darat atau rentenir
e. meningkatkan kesejahteraan anggota
8. Jenis-Jenis Koperasi
Dilihat dari jenis usahanya, koperasi dibagi mnjadi tiga, yaitu :
a. Koperasi Konsumsi
b. Koperasi Produksi
c. Koperasi Simpan Pinjam atau Koperasi Kredit
Dilihat dari keanggotaan, koperasi terdiri dari beberapa macam, yaitu :
- Koperasi Sekolah
- Koperasi Unit Desa (KUD)
- Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)
- Koperasi Pensiunan
9. Perbedaan Koperasi dengan Badan Usaha Lainnya
Koperasi | Badan usaha lain |
anggota
|
|
BAB III PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI
Manusia memerlukan teknologi dalam menjalankan pekerjaannya. Dengan teknologi pekerjaan manusia menjadi lebih ringan, mudah, cepat, dan menghasilkan jumlah yang banyak. Teknologi senantiasa berkembang seirama perkembangan ilmu dan pengetahuan (IPTEK). Perkembangan teknologi yang akan kita bahas adalah perkembangan ternologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
A. Perkembangan Teknologi Produksi
Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan suatu barang atau jasa. Contoh kegiatan produksi adalah pertanian yang menghasilkan bahan, saperti beras, sayur, dan buah-buahan.
hasil dari perkembangan teknologi dalam bidang pertanian adalah dahulu orang membejak sawah menggunakan kerbau, dengan berkembangnya teknologi orang tidak lagi menggunakan kerbau tapi sudah menggunakan traktor.
B. Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komunikasi artinya hubungan. Komunikasi dilakukan dua orang atau lebihsehingga pesan atau berita yang dimaksud dapat dipahami.
contohnya dulu orang menyampaikan pesan dengan menggunakan surat atau telegram, sekarang dalam menyampaikan pesan dengan menggunakan telepon genggam (HP), pesawat telepon, dan sebagainya. Prang juga dapat memperoleh informasi secara cepat lmelalui TV, internet, koran , majalah, yang dulunya mendapatkan infirmasi hanya lewat radio, taupun berita dari orang lain sacara langsung.
C. Perkembangan Teknologi Transportasi
Transportasi adalah pengangkutan barang atau orang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunaan kendaraan. Dalam transportasi juga mengalami perkembangan dari transportasi sederhana (tradisional) ke transportasi modren. Adapun teknologi transportasi dibedakan menjadi tiga, yaitu :
~ Transportasi Darat
Dahulunya orang hanya menggunakan delman, dokar, pedati, gerobak, becak, dan sepeda juka ingin bepergian. Setelah mengalami perkembangan teknologi dalam bepergian orang sudah menggunakan mobil, motor, kereta api, dan sabagainya.
~ Transportasi Laut
Dahulunya orang bepergian lewat jakur laut orang menggunakan rakit, perahu dayung, dan perahu layar. Sejalan dengan perkembangan teknologi, orang telah menggunakan kapal feri, kapal motor dan tanker yang penggunaanya lebih cepat sam[ai kepada tujuan.
~ Transportasi Udara (pesawat,helikopter,dll)
BAB IV PERMASALAHAN SOSIAL
Masalah-masal sosial yang terjadi di masyarakat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :
- Kemiskinan
Kemiskinan terjadi karena orang tidak mendapatkan penghasilan yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya/keluarganya, atau karna tidak mempunyai penghasilan sama sekali. Kemiskinan mengakibatkan hidup manusia tidak sejahtera. Kadang anak-anak terpaksa putus sekolah dan harus bekerja.
b. Pengangguran
Penganguran dapat disebabkan oleh kurangnya lapangan kerja,kurangnya semangat untuk berwiraswasta, atau tidak mempunyai modal usaha.
Adapun akibat yang ditimbulkan maraknya penganguran antara lain :
q timbulnya kemiskinan
q timbulnya masalah kejiwaan
q terjadinya keresahan masyarakat
c. Tunawisma atau gelandangan
Tunawisma atau gelandangan merupakan orang yang tidak memiliki tempet tinggal. Orang yang tidak memiliki tempat tinggal mengakibatkan kehidupannya tidak teraturdan kesehatan badan dan jiwanyadapat terganggu. Itulah penyebab dari mereka yang tidak mampu untuk memiliki rumah karena tidak mempunyai tabungan atau penghasilan untuk membeli rumah atau menyewa rumah.
Adapun beberapa contoh penyimpangan sosial yang ada di masyarakat, antara lain :
* Miras (miuman Keras)
* Berjudi
* Narkoba
* Tawuran
Dalam mengatasi masalah-masalah sosial pemerintah dan masyarakat demi tercapainya ketenangan dan kesejahteraan rakyat. Adapun cara utuk mengatasi masalah-masalah sosial antara lain :
⇒ Pengentasan kemiskinan
≈ Memberikan pelayanan kesehatan murah melalui puskesmas
≈ Usaha Kecil Menengah (UKM)
≈ Memberi beras miskin (raskin)
⇒ Mengurangi penganguran
≈ Menyediakan lapangan kerja
≈ Menyelenggarakan transmigrasi
⇒ Mengurangi tunawisma atau gelandangan
≈ Menyediakan rumah murah dan sehat
≈ Rumah susun di kota besar
≈ Menyediakan rumah singgah
≈ Memberikan pelatihan keterampilan agar para gelandangan dapat mandiri
⇒Mengurangi penyimpangan sosial
≈ Membangun solidaritas sosial
≈ Menahan diri dan menigkatkan kerukunan
Bentuk Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | Bentuk Soal | Jumlah Soal | Tingkat Kemampuan |
1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya | a. Mendeskripsikan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam bidang pertanian. b. Medeskripsikan aktivitas ekonomi bidang nonpertanian | Aktivitas Ekonomi | Essai | 2 Nomor | C1 C1 |
2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat | a. Mengetahui sejarah koperasi b. Menderkripsikan seluk-beluk koperasi c. Memahami pentingnya koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat | Koperasi | Essai | 1 Nomor | C2 |
3. Menceritakan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya | a. Menceritakan perkembangan produksi b. Menceritakan perkembangan komunikasi c. Menceritakan perkembangan transportasi | Perkembangan Teknologi, Komunikasi, dan Transportasi | Essai | 3 Nomor | C2 C3 C6 |
4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya | a. Menyebutkan masalah-masalah sosial yang ada di sekitarnya b. Mengetahui penyebab dan akibat dari masalah-masalah sosial tersebut c. Mengetahui cara mengatasi masalah sosial | Permasalah Sosial | Essai | 4 Nomor | C4 C4 C5 C6 |
SOAL
- Sebutkan bidang pengelolaan SDA dalam bidang pertanian !
- Apa defenisi dari pertanian bercocok tanam?
- Jelaskan perbedaan Koperasi Unit Desa (KUD) dengan Koperasi Pegawai Republik Indonesia!
- Mengapa sebuah teknologi disebut sebagai teknologi produksi?
- Bagaimanakah akibatnya jika suatu masyarakat ketinggalan perkembangan teknologi?
- Mengapa orang dapat disebut miskin
- Mengapa narkoba itu tidak boleh dipakai oleh semua orang,
kecuali atas petunjuk dokter ? - Menurut kamu mengapa sering terjadi pengangguran ?
- Apa dampak negatif dari tawuran antar pelajar ?
- Apa dampak positif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari ?
Kunci Jawaban
1. Bidang pertanian
a. Pertanian bercocok tanam
b. Perikanan
c. Peternakan
2. Pertanian bercocok tanam adalah kegiatan mengolah tanah dengan cara menanam untuk menghasilkan barang
3. Koperasi Unit Desa (KUD) kebanyakan beranggotakan warga desa dari petani atuptun nelayan. KUD menyediakan alat-alat atau kebutuhan anggotanya. Misalnya bibit tanaman,alat pertanian,dll
Sedangkan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang bernaung pada suatu instansi tertentu. Kegiatan usahanya menyediakan segala macam kebutuhan seperti makanan, pakaian, alat-alat rumah, dll.
4. Karena dalam proses produksi diperlukan teknologi yang disesuaikan dengan kualitas dan perkembangan zaman agar lebih afektif dalam proses produksi. Dan dari hasil produksi itu dihasilkan suatu teknologi baru yang lebih bekualitas dari yang sebelumnya.
5. Akibat masyarakat yang ketinggalan perkembangan teknologi antara lain:
- ketinggalan informasi
- ketinggalan informasi
- terbatasnya pengetahuan yang dimiliki karena pengetahuan berkembang sesuai
dengan perkembangan teknologi
6. Orang dapat disebut miskin karena tidak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya
dengan penghasilan yang didapat.
7. Narkoba merupakan obat berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi tanpa ada petunjuk
7. Narkoba merupakan obat berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi tanpa ada petunjuk
dari dokter karena dapat merusak sel-sel syaraf sehingga membuat kesadaran menjadi
berkurang.
8. Seringnya terjadi pengangguran karena kurangnya lapangan kerja padahal para pencari
kerja melebihi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.
9. Dampak negatif dari tawuran antar pelajar adalah :
- dapat merusak gedung-gedung sekolah, rumah-rumah, maupun prasarana umum.
- dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa
- dapan mengangngu ketenteraman masyarakat
berkurang.
8. Seringnya terjadi pengangguran karena kurangnya lapangan kerja padahal para pencari
kerja melebihi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.
9. Dampak negatif dari tawuran antar pelajar adalah :
- dapat merusak gedung-gedung sekolah, rumah-rumah, maupun prasarana umum.
- dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa
- dapan mengangngu ketenteraman masyarakat
10. Dampak positif yang ditimbulkan dari perkembangan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
- dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di
daerah yang jauh
- mudahnya memperolah informasi atau data tanpa harus
menyaksikan objek atau data tersebut.
teknologi dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
- dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di
daerah yang jauh
- mudahnya memperolah informasi atau data tanpa harus
menyaksikan objek atau data tersebut.
Tugas Kelompok
EVALUASI PEMBELAJARAN
Disusun
KELOMPOK 8
SITTI RAHMAH A1B310010
RAMADHAN SAPATI A1B310009
PARLAN A1B3100
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar